MYOB  Accounting Software adalah software akuntansi yang sangat mudah digunakan. MYOB Accounting Software dapat membantu menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan, mengelola data barang dagangan serta dapat mendesign accounting process sesuai dengan kehendak user sehingga lebih mudah digunakan ketika mencari informasi.

Secara teknis, sistem MYOB mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan software sejenis, terutama dalam penggunaan yang relatif mudah dan dapat dikuasai dalam waktu singkat. Aplikasi ini sangat cocok diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Kegunaan MYOB dlm kegiatan administrasi  perusahaan :

  • Alat bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
  • Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
  • Mengerti lebih dalam bisnis
  • Membantu dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST),  serta email your quotes dan invoice.
  • Mengelola barang dagangan
  • Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan

Peranan MYOB dalam siklus akuntansi perusahaan jasa

  • Sebagai alat komunikasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses implementasi dalam pengoperasian MYOB
  • Sebagai alat untuk mempermudahkan kita untuk mencatat transaksi dalam perusahaan jasa

Modul yang dimiliki MYOB :

  • Account digunakan untuk pengelolaan account-account perusahaan baik account rugi/laba maupun account neraca, pencatatan jurnal umum transaksi, dan pengelolaan budget perusahaan
  • Banking digunakan untuk mencatat pengeluaran dan penerimaan uang perusahaan yang tidak terkait dengan kegiatan pembelian dan penjualan
  • Sales digunakan untuk memaintain transaksi yang berkaitan dengan penjualan yang dilakukan perusahaan
  • Time Billing digunakan untuk mengelola kegiatan penjualan yang berkaitan dengan waktu
  • Pembelian digunakan untuk memaintain transaksi yang berkaitan dengan pembelian yang dilakukan perusahaan
  • Modul persediaan digunakan untuk mengelola informasi mengenai item persediaan seperti jenis barang, informasi pembeliannya, informasi penjualannya, informasi asal barang, informasi lainnya yang berkaitan dengan persediaan, serta untuk mengelola perpindahan persediaan dari lokasi yang satu ke lokasi yang lainnya
  • Card File digunakan untuk mengelola informasi yang berkaitan dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan seperti supplier, vendor, karyawan maupun personal

Keuntunggan menggunakan MYOB :

  1. Kemudahan penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakannya walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali
  2. Accounting Power, sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software ini cukup dapat diandalkan
  3. Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta
  4. Departmentalisasi
  5. Proses instalasi dan maintenance yang murah
  6. Tenaga kerja yang paham MYOB cukup banyak
  7. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan
  8. Nilai investasi yang relatif murah
  9. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat

Kelemahan MYOB :

  1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit
  2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya
  3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
  4. Untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi
  5. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB
  6. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB

Keunggulan MYOB Accounting  :

  • Mudah digunakan (user friendly), karena mudah dimengerti oleh orang yang tidak mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang komputer dan akuntansi serta sangat mudah dioperasikan dan dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha
  • Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat. Terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan dibuat secara otomatis, meliputi : neraca saldo, neraca, laporan laba rugi, laporan pembelian dan penjualan, daftar umur piutang, jurnal transaksi, persediaan barang dan sebagainya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan
  • Kemampuan menampilkan data secara cepat dan mudah,  dilengkapi dengan fasilitas untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layar komputer atau dicetak ke printer
  • Laporan keuangan komparasi, menyajikan laporan keuangan komparasi baik neraca, laporan laba rugi maupun penjualan dengan data historis bulan lalu atau tahun sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s