Tugas Softskill 1

Nama     : Diah Retno Suprobo

NPM       : 1A111507

Kelas      : 5KA28

 

  • Hakikat ilmu sosial dasar

Ilmu sosial dasar menyajikan suatu pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan masalah-malahnya. Pada hakikatnya, ilmu sosial dasar membicarakan tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan ini dapat diwujudkan dalam kenyataan sosial dan kenyataan sosial inilah yang akan menjadi titik perhatiannya. Dengan Demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial seperti daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial. Ilmu sosial merupakan pengertian-pengertian berasal dari berbagai bidang ilmu sosial seperti ilmu politik, sosiologi, dan sejarah.

  • Tujuan dan ruang lingkup ilmu sosial dasar

Tujuan dari ilmu sosial dasar adalah untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat, peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya untuk mencari solusi dari masalah tersebut, menyadari setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner, memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, dan membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian masyarakat agar memperoleh wawasan pemikiran mereka dapat lebih luas.

Intinya,dalam mempelajari  ilmu sosial dasar  seorang individu baik umum bisa menjadikan ilmu ini dapat diterapkan dikehidupan masyarakat, berbangsa dan bertanah air untuk memperkuat jiwa nasionalis bangsa.

Ruang lingkup ilmu sosial dasar mempelajari dan memahami masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial antara satu dengan lainnya yang saling berkaitan seperti berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan, masalah individu, keluarga dan masyarakat, masalah pemuda dan sosialisasi, masalah hubungan antara warga negara dan negara, masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat, masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan, masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi, serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

  • Kajian ilmu sosial dasar

Yang menjadi kajian ilmu sosial dasar yaitu :

– kependudukan

– pelapisan sosial atau integrasi sosial

– masyarakat pedesaan dan perkotaan

– pelapisan sosial

– pemuda dan masyarakat

– prasangka dan diskriminasi

– perkembangan sosial

  • Pengertian masalah sosial

Masalah sosial yaitu suatu kondisi yang berpengaruh dan dapat mengancam nilai-nilai suatu masyarakat sehingga berdampak kepada sebagian besar anggota masyarakat dan kondisi itu diharapkan dapat diatasi melalui kegiatan bersama. Misalnya saja kemiskinan, pendidikan, kejahatan, pengangguran dan keadilan.

  • Perbedaan antara pengetahuan budaya dan ilmu budaya dasar

– pengetahuan budaya ( the humanities )

Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya (homo humanus), bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

– ilmu budaya dasar ( basic humanities )

Ilmu budaya dasar mengkaji mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya. Bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

sumber :

 http://irwanpantau.wordpress.com/2010/02/15/perbedaan-ilmu-sosial-dasar-dengan-ilmu-budaya-dasar/

http://www.rofingi.com/2012/03/masalah-sosial-pengertian-dan-contoh-di.html

http://einsteinfisika.blogspot.com/2011/06/ilmu-budaya-dasar-ruang-lingkup-kajian.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s