Tugas Softskill ke-2

Nama  : Diah Retno Suprobo

Npm    : 1A111507

Kelas   : 5KA28

 

Pengertian Individu

Individu menurut saya adalah manusia sebagai pribadi yang utuh, tunggal dan memiliki ciri khas tersendiri, memiliki berbagai kemampuan untuk berhubungan atau berinteraksi dengan sesama, dengan lingkungan dan paling utama dengan Tuhan yang menciptakannya.

Keluarga dan Fungsi Keluarga

Keluarga adalah sejumlah individu (terdiri dari 2 orang atau lebih) yang memiliki hubungan darah atau semacam ikatan, memiliki kewajiban dan tanggung jawab. Keluarga terdiri atas seorang kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan berinteraksi serta tinggal di dalam satu rumah tangga dimana setiap anggota keluarga mempunyai perannya masing-masing.

Fungsi yang dijalankan sebuah  keluarga adalah:

  1. Fungsi Pendidikan dilihat dari bagaimana keluarga mendidik dan menyekolahkan anak untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak.
  2. Fungsi Sosialisasi anak dilihat dari bagaimana keluarga mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.
  3. Fungsi Perlindungan dilihat dari bagaimana keluarga melindungi anak sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman.
  4. Fungsi Perasaan dilihat dari bagaimana keluarga secara instuitif merasakan perasaan dan suasana anak dan anggota yang lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga. Sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.
  5. Fungsi Agama dilihat dari bagaimana keluarga memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga lain melalui kepala keluarga menanamkan keyakinan yang mengatur kehidupan kini dan kehidupan lain setelah dunia.
  6. Fungsi Ekonomi dilihat dari bagaimana kepala keluarga mencari penghasilan, mengatur penghasilan sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi rkebutuhan-kebutuhan keluarga.
  7. Fungsi Rekreatif dilihat dari bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga, seperti acara nonton TV bersama, bercerita tentang pengalaman masing-masing, dan lainnya.
  8. Fungsi Biologis dilihat dari bagaimana keluarga meneruskan keturunan sebagai generasi selanjutnya.
  9. Memberikan kasih sayang, perhatian, dan rasa aman di antara keluarga, serta membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga.

Keluarga Inti dan Keluarga Besar

Di dalam sebuah keluarga itu sendiri pasti terdapat keluarga inti dan keluarga besar. Yang dimaksud keluarga inti disini yaitu keluarga yang hanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anaknya dimana ayah memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang lebih besar terhadap keluarga intinya.

Sedangkan keluarga besar yaitu keluarga inti ditambah dengan sanak saudara yang dilihat atas dasar garis keturunan dari keluarga aslinya seperti nenek, kakek, keponakan, saudara sepupu, paman, bibi, keluarga kakek, keluarga nenek dan sebagainya.

Tipe-Tipe Keluarga

1. Keluarga inti (Nuclear Family) adalah keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu, dan anak-anak
2. Keluarga besar (Extended Family) adalah keluarga inti ditambah dengan sanak saudara, misalnya : nenek, kakek, keponakan, saudara sepupu, paman, bibi, dan sebagainya
3. Keluarga berantai (Serial Family) adalah keluarga yang terdiri dari satu wanita dan pria yang menikah lebih dari satu kali dan merupakan satu keluarga inti
4. Keluarga duda / janda (Single Family) adalah keluarga yang terjadi karena perceraian atau kematian
5. Keluarga berkomposisi (Camposite) adalah keluarga yang perkawinannya berpoligami dan hidup secara bersama
6. Keluarga Kabitas (Cahabitation) adalah dua orang menjadi satu tanpa pernikahan tapi membentuk suatu keluarga

 

Masyarakat dan Pandangan Hidup

Masyarakat adalah sekumpulan orang yang mampu bersikap mandiri serta dapat hidup secara bersama dalam kurun waktu yang lama, dimana mereka terikat oleh rasa persamaan yang tumbuh melalui kebiasaan, sikap dan tradisi. Kumpulan ini berada di dalam sebuah wilayah dan memiliki kebudayaan yang sama serta mereka akan melakukan sebagian besar aktivitasnya dalam kumpulan tersebut. Kumpulan ini hidup bersama dengan saling berinteraksi satu sama lain dan bekerja sama untuk mencapai keinginan bersama.

Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidup, karena pandangan hidup menentukan masa depan seseorang. Pandangan hidup merupakan pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan dan petunjuk hidup manusia. Pertimbangan ini merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman  menurut waktu dan tempat hidupnya. Dengan demikian pandangan hidup itu tidak timbul seketika dalam waktu yang singkat, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya. Hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya. Atas dasar itu manusia menerima hasil pemikiran itu sebagai pegangan, pedoman, arahan, atau petunjuk yang disebut pandangan hidup. Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur yaitu cita-cita, kebajikan, usaha,keyakinan atau kepercayaan.
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s